Proposal Usaha Pisang Molen

| Tuesday, May 28, 2013


PROPOSAL USAHA
“PISANG MOLEN GERAI SATOE TOEDJOEH DELAPAN”


LATAR BELAKANG USAHA
Usaha penjualan makanan skala kecil molen ini dilatar belakangi oleh beberapa hal antara lain karena molen merupakan salah satu makanan yang bergizi, enak, dapat dijangkau semua kalangan masyarakat, sehingga disenangi oleh konsumen. Selain bahan baku atau peralatan yang mudah didapat, usaha ini mudah dijalankan dan keuntungan yang diperoleh menjanjikan.

VISI, MISI, SERTA MOTTO USAHA KUE PALA
Sebagai sebuah usaha kecil, kami tentunya memiliki visi, misi, serta motto yang kami buat dan kami jadikan acuan dari usaha kami. Adapun visi, misi, dan motto dari usaha kami adalah sebagai berikut :
Visi        :  menyediakan molen yang enak, murah, dan terjangkau semua kalangan masyarakat.
Misi       : -    Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen
-       Menciptakan molen yang enak, bergizi dan higienis.
-       Mematok harga yang mudah dijangkau oleh semua konsumen.
Tujuan   :  -   Memperoleh keuntungan dan laba
-       Berlatih untuk berwirausaha
-       Menciptakan lapangan kerja
-       Melatih hidup mandiri
Motto    : “Molen Cinta Sejuta Rasa Satoe Toedjoeh Delapan”

ANALISA USAHA
1.        PROFIL USAHA
Usaha Gerai Pisang Molen Satoe Toedjoeh Delapan adalah usaha dengan bentuk gerai yang kami buka di dekat tempat-tempat fasilitas umum, seperti sekolah-sekolah, Rumah sakit Umum Cut Nyak Dhien, dan Pantai Ujong Karang Meulaboh. Pusat/central produksi usaha Gerai Satoe Toedjoeh Delapan adalah di Jalan Sisingamangaraja No.178  Dusun Cot Kandeh Desa Lapang, Meulaboh – Aceh Barat. Sejauh ini, usaha ini sudah berjalan selama 3 (tiga) bulan, dan memiliki pekerja sejumlah  5 (lima) orang dengan tiap orang memegang 1 (satu) gerai. Setiap orang yang memegang setiap gerai telah diberikan pelatihan terlebih dahulu dengan resep racikan pisang molen yang menjadi rahasia kami.

2.        MODAL USAHA
Modal usaha untuk usaha gerai pisang molen ini adalah biaya yang diperlukan untuk produksi 1 (satu) bulan untuk setiap gerai, dengan rincian sebagai berikut :
A.       Biaya Bahan Baku
a)        10 kg tepung terigu              @ Rp. 7.000                         : Rp. 70.000
b)        2 tandan pisang kepok        @ Rp. 20.000                       : Rp. 40.000
c)        2 kg gula pasir                     @ Rp. 6.000                         : Rp. 12.000
d)        4 kg minyak goreng             @ Rp. 8.000                         : Rp. 32.000
Jumlah biaya bahan baku / hari                                       :  Rp. 154.000
B.        Biaya bahan penolong
a)        Plastik                                                                              : Rp. 4.000
b)        Gas                                                                                  : Rp. 2.000
Jumlah biaya bahan penolong                                         : Rp. 6.000
C.       Biaya Penyusutan Peralatan
Biaya peralatan
a)        Pembentukan molen                                                         : Rp. 145.000
b)        Penggorengan                                                                  : Rp. 29.000
c)        Sendok / garpu                                                                : Rp. 9.000
d)        Pisau                                                                                : Rp. 7.000
e)        Tampah                                                                           : Rp. 5.000
f)          Baskom                                                                           : Rp. 10.000
g)        Tempat molen matang                                                      : Rp. 20.000
   Total                                                                             : Rp. 225.000
                       
Jumlah biaya penyusutan peralatan per 3 bulan            : Rp. 225.000       = 2500
                                                                                     90
D.       Biaya tenaga kerja
1 orang x @Rp. 35.000/hari                                          : Rp. 35.000   

Biaya total 1 kali Produksi                                                        : Rp. 197.500,-

Dengan target penjualan per gerai adalah 700 buah molen, maka per gerai menjual molen per buah dengan harga :
=  Rp.   197.500,- / 700buah                     =  Rp.  282,-/buah,
maka kami putuskan untuk menjual molen dengan harga Rp. 500,-/buah

3.        TARGET PASAR DAN KEUNTUNGAN
A.       Target Pasar
Pasar yang menjadi target kami adalah tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian di Meulaboh. Kami berencana menempatkan 5 (gerai), diantaranya di depan SD Negeri 14 Meulaboh, di depan SD Negeri 18 Meulaboh, di depan Pasar Tradisional Meulaboh, di depan SMP Negeri 3 Meulaboh, dan gerai kecil untuk konsumen yang ada di kawasan Pantai Ujong Karang Meulaboh.
B.        Keuntungan
Berdasarkan biaya produksi per hari sesuai dengan hitungan di atas, maka kami menargetkan keuntungan dengan rincian sebagai berikut :
=  Harga jual molen - Harga produksi per molen
=  Rp.   500,-   -    Rp.    282,-
=  Rp.   218,-/molen

Target penjualan kami per hari adalah 1.000 buah/hari/gerai, maka untuk 5 gerai yang kami sediakan, kami menargetkan omset per hari adalah :
Rp.    218,- x 700buah  x  5 gerai       =  Rp.  763.000,-/hari
Sehingga per bulan (selama 26 hari) kami targetkan mendapatkan keuntungan sebesar  :
                      =  Rp.    763.000,- x 26          
                      =  Rp.19.838.000,-
MARKETING MIX
1.        PRODUK
Produk pisang molen yang kami tawarkan dijamin akan berbeda kualitasnya dengan produk-produk sejenis yang sudah ada di pasaran. Produk pisang molen kami, selain dibuat dengan menggunakan pisang raja pilihan dengan kualitas baik, juga menggunakan racikan bumbu yang dijamin akan dapat menggoyang lidah konsumen.
                            
2.        HARGA
Harga yang kami tetapkan sesuai rincian di atas adalah Rp. 500,-/buah.

3.        PROMOSI
Promosi yang kami lakukan untuk mempromosikan produk kami adalah menggunakan cara menyebarkan poster-poster kecil kepada konsumen dan memasang iklan di koran lokal seperti Koran Harian Serambi dan Atjeh Post.

4.        ANALISA SWOT
A.       Kekuatan (Strenght)
Kekuatan dari produk kami adalah harga terjangkau, kualitas terjamin, manajemen yang baik, serta cita rasa bervariasi.
B.        Kelemahan (weakness)
Kelemahan yang kami miliki adalah faktor cuaca. Gerai yang kami miliki kami tempatkan di tempat-tempat terbuka, walaupun gerai yang kami buat dilengkapi dengan payung untuk si penjual, namun jika hujan, dikhawatirkan target penjualan kami akan tidak tercapai akibat dari sepinya pengunjung.
C.       Peluang (opportunities)
a)      Pangsa pasar yang masih luas
b)      Bahan baku yang mudah di dapat
c)      Pesaing besar relatip terbatas
D.       Ancaman (threats)
a)      Munculnya variasi makanan jajanan
b)      Munculnya pesaing baru

PENUTUP
Demikian rencana bisnis yang disusun dalam rangka untuk memenuhi pihak-pihak yang memerlukan dan bagi pemilik sebagai acuan pengembangan bisnis.

0 komentar:

Post a Comment

Next Prev

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
▲Top▲